3. Memahami perbedaan visi dan misi

Oleh : Hendra S Raharjaputra

Diposkan : 8 Agustus 2011

Baru-baru ini seorang CEO bertanya : “ Dapatkah anda mendefinisikan perbedaan antara Visi dan Misi ? ” Suatu pertanyaan yang luar biasa dan cukup mengagetkan, dimana seolah-olah bahwa seorang CEO pun memiliki keraguan tentang definisi yang jelas antara kedua istilah tersebut yang sangat sering kita dengar , tanpa harus berpura-pura memahaminya. Alasan bahwa pertanyaan tersebut sangat luar biasa adalah bahwa ternyata masih ada keraguan dari para eksekutif tentang perbedaan antara visi dan misi tersebut, mungkin juga termasuk kita. Dalam artikel ini saya mencoba untuk mejelaskan kedua istilah tersebut, dengan mengambil data dari berbagai sumber.

Sebagai latar belakang untuk menjawab  pertanyaan tersebut , saya ingin berbagi terlebih dahulu tentang suatu kerangka kerja suatu organisasi yang simpel. Dalam pekerjaan yang sering berhubungan langsung dengan para eksekutif, saya mencoba memahami tentang struktur kepemimpinan yang ada dalam suatu organisasi. Ibarat rumus matematika, bahwa bisnis akan selalu memiliki fungsi menurut perintah aturan dari sistem operasional.

Dalam nalar saya muncul bahwa logika bisnis adalah sama dengan logika yang digunakan dalam memecahkan persamaaan matematika – jika anda berusaha untuk memecahkan suatu masalah diluar dari susunan atau sistem yang telah ada, maka akan menghasilkan hasil yang tidak benar atau kacau. Kerangka kerja akan nampak sebagai berikut :

“Values should underpin Vision, which dictates Mission, which determines Strategy, which surfaces Goals that frame Objectives, which in turn drives the Tactics that tell an organization what Resources, Infrastructure and Processes are needed to support a certainty of execution.”(Mike Myatt, 1988)

Nilai itu harus menyokong Visi, yang menentukan Misi dan  menetapkan Strategy, yang kemudian muncul “ goal ( tujuan akhir ) “ membingkai sasaran-sasaran ( objectives ), dimana gilirannya menjalankan suatu taktik-taktik suatu organisasi yang menjelaskan tentang pentingnya Sumberdaya, Infrastruktur dan Proses untuk mendukung kepastian eksekusi.

Sangat jelas sekali, dari definisi diatas bahwa pengertian visi dan misi tidak dapat  saling menggantikan .  Kebingungan dalam menentukan antara visi dan misi, dan kemudian keliru dalam menjalankan susunan dalam pelaksanaan akan menghasilkan suatu keputusan kepemimpinan yang tidak konsisten, bingung dalam menentukan prioritas, dan yang pasti hasilnya kacau. Penting dipahami bahwa pernyataan “ visi “ adalah berorientasi desain, sementara pernyataan “ misi “ berorientasi pada eksekusi atau pelaksanaan. “ Visi adalah gambaran besar “ , dan berorientasi jauh kedepan, sementara misi adalah focus kepada hasil dalam jangka pendek atau saat ini. Lebih jelas lagi bahwa visi mendefinisikn permainan akhir ( end game ) , dan misi merupakan suatu peta perjalan ( road map ) yang akan membawa organisasi ke tempat tujuan.. Contoh : Dalam rangka mengatasi persaingan, WalMart akan membuka kantor pusat kedua di China, pernyataan tersebut merupakan visi, sementara aksi-aksi yang akan dilakukan jangka pendek merupakan misinya.

Seperti yang dinyatakan diatas bahwa pernyataan misi harus merefleksikan fokus yang lebih detail dengan  hasil yang segera , berhubungan atas dukungan terhadap visi yang telah ditentukan.  Pernyataan misi cenderung lebih ke fungsional , khususnya yang berhubungan dengan berbagai titik-titik aktivitas seperti rantai nilai produksi  atau “ value chain “.

Untuk menjaga analogi matematika , maka penting sekali suatu catatan bahwa visi dan misi harus ditinjau sebagai suatu variabel-variabel tidak konstan, artinya bahwa keduanya harus tetap segar atau terkini dan memiliki relevansi. Apabila salah satu dari kedua tersebut kadaluarsa, maka bisnis yang anda jalani juga  sama, tidak akan berkembang atau mati.

Masih ada para eksekutif perusahaan menganggap bahwa visi dan misi ini hanya merupakan ” jargon manajemen ” dan ” alat promosi ” untuk menarik investor, sementara lingkungan bisnis terus berubah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s