Inti Manajemen Modal Kerja

     Sumber :Buku Panduan Praktis MANAJEMEN KEUANGAN DAN AKUNTANSI – untuk eksekutif perusahaan – halaman 156 -157

Penulis : Hendra S Raharjaputra

Posted : Augustus 10, 2011


        Inti dari manajemen modal kerja bagi perusahaan adalah penataan administrasi dan pengendalian atas aktiva lancar dengan menggunakan pendanaan jangka pendek yaitu bersumber dari kewajiban lancar , dan modal kerja bersih .

       Secara spesifik sasaran dari manajemen modal kerja adalah :

  1. Memberikan kontribusi atas tujuan ( goals ) perusahaan dalam memaksimalkan nilai , yaitu dengan manajemen aktiva lancar yang efektif dan efisien , paling tidak perusahaan mampu memberikan suatu hasil ( marginal return on investment ) sesuai dengan biaya modal       ( cost of capital ).
  2.   Meminimalkan – dalam waktu relative panjang , biaya modal atas pendanaan operasional perusahaan dengan memutuskan bentuk pendanaan yang optimal.
  3.  Mengelola arus dana perusahaan dengan cara yang optimal, sehingga perusahaan mampu memenuhi kewajiban-kewajiban jangka pendeknya.

Ketiga sasaran tersebut diatas memiliki tujuan untuk memelihara likuiditas perusahaan atau biasa disebut “ Liquidity Management “, yaitu kemampuan perusahaan dalam membayar kewajibannya yang telah jatuh tempo.

Apabila perusahaan tidak mampu memenuhi kewajiban tersebut , maka perusahaan akan dianggap “ technically insolvent “ yang menghambat atau menghilangkan kepercayaan rekan bisnisnya, atau yang paling menakutkan adalah permintaan dari para pemasok atau kreditor untuk membangkrutkan perusahaan tersebut.

Dalam praktek bisnis , yang sering terjadi adalah faktor “ technically insolvent “, sehingga akan sangat mempengaruhi kinerja perusahaan dimana para pemasok atau kreditor menghambat masuknya arus barang dan jasa yang berdampak pada kinerja perusahaan, seperti ; produktivitas karena time lag, beban bunga, dan sebagainya.

Perusahaan tidak dapat mengharapkan berlebihan dari manajemen modal kerja tanpa dukungan produk yang berkualitas, harga bersaing, pemasaran yang efektif, produktivitas dan sebagainya, yang mana merupakan suatu sinergi dalam organisasi perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s