2. Bagaimana ” Action Plan ” berjalan mulus ?

Tag         : Strategic Management

Oleh       : HSFAMES TEAM

Tanggal :  Agustus 6, 2011

 Suatu sasaran ( objective )  atau tujuan pencapain akhir ( goal ) adalah merupakan suatu proyeksi kedepan atas suatu peristiwa yang diharapkan  akan terjadi, yang mana rencana individu atau sistem / organisasi ingin mencapainya — individu maupun organisasi mengharapkan suatu pencapaian akhir yang telah direncanakan atau diperkirakan dengan melakukan asumsi-asumsi yang dikembangkan. Dalam mencapai tujuan akhir yang diharapkan tersebut, individu maupun organisasai memiliki atau menetapkan “ dead line “ . Suatu perencanaan merupakan seri dari aksi atau tindakan, tugas atau langkah yang didesain dalam rangka mencapai sasaran atau tujuan akhir tersebut.

Ketika menulis rencana aksi untuk menggapai suatu tujuan tertentu atau hasil , anda dapat melakukan langkah-langkah penting sebagai berikut ;

  • Klarifikasi dengan jelas tujuan anda –  Apakah anda telah mendapatkan gambaran atau visual yang jelas atas hasil yang diharapkan  ? Bagaimana anda dapat melihatnya kemudian setelah arah jalan telah nampak ?  Apa ukuran yang akan anda tentukan secara jelas atas tujuan tersebut ( kualitatif maupun kuantitatif ) ? Apa kemungkinan kendala yang muncul, misalkan terbatasnya waktu, dana atau sumber daya lainnya  ?
  • Tuliskan daftar aksi yang akan dilakukan. Tuliskan semua aksi yang akan dilakukan dalam rangka mencapai tujuan akhir yang diharapkan ( goal ) . Pada langkah ini fokuskan pada opsi dan ide atau pilihan yang berbeda sebanyak mungkin. Ambil selembar kertas dan tulis ide-ide sebanyak mungkin yang muncul dari pikiran anda. Selama langkah ini, jangan mengambil pertimbangan atau keputusan dahulu untuk melakukan analisa.
  • Lakukan Analisa, Prioritas, dan Pangkas. Cermati daftar dari aksi yang akan dilakukan . Amati dengan jelas langkah-langkah yang benar-benar penting dan efektif dalam mencapai goal tersebut. Berikan tanda pada masing-masing rencana aksi tersebut. Buanglah rencana aksi yang secara obyektif tidak penting, tetapi lakukan lagi suatu “ cross check “.
  • Organisir daftar aksi terpilih dalam suatu rencana ( plan ). Tentukan aksi yang akan dilakukan sesuai prioritas terpenting, mulai dari daftar yang anda beri tanda . Untuk setiap aksi , kenali langkah penting apa yang harus dilakukan secara lengkap sebelum melakukan aksi. Akhirnya, lihat rencana ada sekali lagi, apakah ada rencana yang lebih baik atau simpel, tetapi dapat menghasilkan yang lebih baik atau minimal sama ?
  • Awasi pelaksanaan aksi atau eksekusi atas rencana dan lakukan tinjauan atau review rencana tersebut secara reguler. Berapa jauh kemajuan atau progress atas pencapain tersebut saat ini ? Informasi baru apa yang anda peroleh ?  . Gunakan informasi tersebut untuk melakukan penyesuaian dan mengoptimalkan rencana anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s